Mau Daya Tahan Tubuh Anak Kuat, Berikan 6 Makanan Ini!

Daya tahan tubuh anak akan berkembang seiring dengan bertambahnya usia anak. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa seenaknya saja membiarkan si kecil di luar sana tanpa perlindungan tambahan. Untuk memperkuat daya tahan atau imunitas tubuh si kecil, Anda bisa memberikannya makanan yang mendukung gizinya. Apa saja makanan itu?

  1. Wortel

Salah satu makanan yang bisa Anda berikan pada si kecil untuk meningkatkan imunitasnya adalah wortel. Makanan yang satu ini mengandung banyak vitamin A. Vitamin A sendiri dibutuhkan tubuh untuk membantu melawan infeksi. Anda bisa memberikannya dalam bentuk jus atau dimasak dengan masakan harian.

Anak yang berusia di bawah 5 tahun membutuhkan vitamin A sebanyak 300 hingga 400 miligram setiap harinya. Jadi, Anda tak boleh memberikannya terlalu banyak sebab itu juga tak baik dan bisa membuat si buah hati sakit.

  1. Yoghurt

Berikan juga yoghurt pada buah hati Anda. Makanan yang satu ini mengandung bakteri baik lactobacillus yang bisa melindungi tubuh anak dari penyakit dan menjaga sistem pencernaannya. Selain itu, yoghurt juga bisa meningkatkan imunitas terhadap flu dan infeksi. Anda bisa memberikannya sebagai topping makanan dan lainnya.

  1. Salmon dan Tuna

Dua jenis ikan ini mengandung vitamin D dalam jumlah yang cukup tinggi. Vitamin D sendiri sangat dibutuhkan tubuh untuk menguatkan tulang dan menjaga sistem kekebalan tubuh si kecil. Apalagi, rasa kedua jenis ikan ini sangat enak dan dapat diolah ke berbagai jenis makanan yang disukai si kecil.

  1. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran yang sangat baik diberikan pada si kecil. Kebanyakan anak-anak juga menyukai makanan yang satu ini sebab rasanya yang cukup manis. Bayam sendiri mengandung vitamin E yang bisa membantu tubuh melawan infeksi bakteri dan virus. Tak hanya itu, vitamin E dalam bayam juga bisa menjaga sel dari kerusakan.

Untuk pengolahannya sendiri cukup beragam. Cara paling mudah adalah dengan merebusnya atau membuatnya menjadi sayur bayam. Namun, kalau Anda ingin membuatkan camilan untuk si kecil dari bayam juga bisa. Anda bisa membuatnya menjadi keripik bayam atau kue.

  1. Daging

Makanan lain yang baik untuk si kecil guna menjaga daya tahan tubuh mereka adalah daging. Daging kaya akan kandungan zinc yang sangat berguna untuk melawan infeksi sel darah putih dan membantu penyembuhan luka. Sebenarnya, masih banyak sumber zinc lain yang bisa Anda temukan. Namun, untuk yang paling besar saat ini ada pada daging.

Hanya saja, tidak semua jenis daging disarankan untuk dikonsumsi. Konsumsinya juga tak boleh terlalu banyak. Daging merah tanpa lemak adalah yang paling direkomendasikan karena ia mengandung zinc dan zat besi dalam jumlah yang cukup.

  1. Ubi Manis

Selain rasanya enak, ubi manis ternyata juga mengandung zat yang sangat baik untuk imunitas tubuh. Ubi manis mengandung vitamin A dalam jumlah yang cukup untuk membantu anak melawan infeksi. Sistem kekebalan tubuh si anak akan jadi jauh lebih baik dibandingkan anak-anak yang tidak mengonsumsi vitamin A dalam jumlah yang cukup.

Nah, itulah berbagai jenis makanan yang bisa Anda gunakan untuk menambah daya tahan tubuh si kecil. Daya tahan yang baik akan membantu si kecil bereksplorasi lebih baik. Ia bisa menemukan dunia yang ia sukai dan mengembangkan kreativitas dan kemampuan yang dimiliki. Oleh sebab itu, tugas Andalah sebagai orang tua untuk membantunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *